Ruang Tamu Minimalis

Desain rumah sudah dibangun se-minimalis mungkin, mulai dari pemasangan pagar, bentuk rumah, atap dan unsur-unsur eksterior sudah maksimal, Apa jadinya jika ruangan yang ada di dalam rumah tak mengikut minimalis pula ?, sungguh kontras dengan keadaan eksterior yang ada. Sejatinya jika tampak luar minimalis begitu pula desain interior yang seharusnya mengikut gaya yang diluar, agar saat dipandang serasi dan klop.

Ruang tamu biasanya memiliki porsi ruang lebih lebar daripada ruang lain yang ada, tapi biasanya nomer 2 dibanding kamar tidur utama. Ya, minimal 3x3 meter itu dudah cukup mewakili luas ruang tamu yang akan didesain seminimalis mungkin dengan konsep baik sederhana maupun mewah, yang jelasnya kedua gaya tersebut sama-sama terlihat modern. Ruang tamu dengan luas lebih kecil dari ukuran tersebut juga bisa sih, namun kurang maksimal untuk penampilan yang ada, biasanya ruang tamu dengan ukuran kecil itu ada pada rumah type 36 dan 45, selain itu diatasnya masih terbilang cukup lebar.

Untuk ruang tamu rumah kecil bisa diaplikasikan meski tak maksimal, paling tidak pada penataannya tak perlu pernak-pernik yang terlalu mengganggu dan ornamen-ornamen yang terlalu besar dan merusak pandangan, karena hal-hal tersebut merupakan reduksi bagi tampilan desain rumah minimalis. Cukup dengan pemilihan alas atau karpet yang senada dengan warna dinding serta pemilihan furniture yang juga senada. Jika memakai sofa usahakan yang bukan sofa dengan banyak ukiran atau motif, karena hal itu akan terlihat "gemuk" berlaku juga pada furniture dari kayu, lebih baik hindari sesuatu yang memungkinkan untuk "merusak" kesan minimalis yang akan dibangun. Bisa simak gambar dibawah ini untuk contoh model ruang tamu minimalis yang sudah ada.

Ruang Tamu Minimalis
Desain Ruang Tamu Minimalis
Desain ruang tamu kali ini menyuguhkan tentang desain ruang tamu minimalis modern, seperti gambar diatas, dapat dikatakan desain ini mengadopsi gaya minimalis modern, penataan, penempatan dan pemilihan furnitur sangat menentukan desain minimalis ini. Untuk ruangan saya kira relatif, meski luas atau sempit dapat diaplikasikan disana. Pemilihan pembatas yang bukan tembok langsung melainkan sejenis tirai dengan penampang yang besar dan memiliki ruang, mengesankan bahwa ruang tamu itu memiliki ruang yang luas, bayangkan jika ada tembok atau dinding solid di sebelah sana, bukankah akan terlihat sumpek ?!.

Ruang Tamu Minimalis
Dekorasi Ruang Tamu
Seperti gambar diatas, menunjukkan dekorasi interior ruang tamu minimalis, dapat kita berimajinasi sendiri mengenai dekorasi interiornya, atau dapat kita melihat rujukan dari berbagai sumber, (salah satunya dari blog kami) dekorasi seperti apakah yang akan kita pakai, satu syarat saja, asal dekorasi itu berkonsep minimalis, maka desain yang lain akan terbawa arus minimalis tersebut. Sebenarnya tirai jendela pada gambar diatas terlalu berlebihan untuk ruamg tamu yang berukuran tak terlalu luas sekali, namun masih cocok jika ruangan pada ruang tamu itu lebar atau luas. Lukisan yang menempel pada dinding juga menambah kesan minimalis meskipun pemilihan sofa masih terlalu "gemuk" untuk ukuran konsep minimalis.

Ruang Tamu Minimalis
Ruang Tamu Minimalis Modern
Nampak pada gambar diatas, meja dan sofa yang berkonsep minimalis, sukses mengaplikasikan desain ruang tamu tersebut mengarah ke konsep minimalis, apalagi dengan dekorasi dinding, digunakan lukisan abstrak yang ditaruh diatas sofa, menambah kesan minimalis dalam desain ruang tamu menjadi semakin dalam. Sofa memiliki desain yang minimalis serta desain meja yang unik juga pemilihan alas lantai karpet dengan corak yang serasi, menambah nilai minimalis konsep semakin keluar, akan tetapi sayang sekali ornamen guci yang ada di sebelah sofa terlalu dipaksakan, sehingga sedikit merusak pemandangan, karena terlihat penuh sesak di dalam ruang tamu tersebut.

Ruang Tamu Minimalis
Ruang Tamu Minimalis
Ini salah satu contoh, bagaimana ruangan yang sangat luas bisa digunakan untuk konsep minimalis, memang salah satu kunci konsep minimalis adalah desain furnitur dan penataan yang sesuai dengan konsep minimalis itu sendiri, namun yang perlu ditekankan pada desain ruang tamu minimalis yang menggunakan ruang yang luas adalah penataan. Sangat pas dan pantas jika ruangan diatas menggunakan full konsep minimalis, mulai dari sofa, lantai, lukisan hingga pemilihan tirai jendela serta lampu pojok ruangan menambah kesan minimalis dalam ruangan yang cukup sangat lebar untuk ukuran ruang tamu standar.

Kreasi pada ruang tamu sebenarnya bisa digali lebih jauh, tinggal bagaimana kita mampu menerapkan konsep apa yang ingin kita tanamkan pada desain interior ruang tamu kita, yang jelas artikel ini membahas tentang interior ruang tamu minimalis. Usahakan menggunakan furniture yang terlihat "kurus", juga pemilihan warna harus senada dengan dinding serta jika memang ingin diberi alas karpet harus sewarna atau semotif dengan desain yang ada. Yang tak kalah penting adalah jika memang ada jendela atau ventilasi yang digunakan, sebaiknya memilih desain yang simple dan tak perlu banyak garis-garis pemisah kaca atau yang sejenis. Demikian ruang tamu minimalis yang mampu saya sampaikan, semoga manfaat dan terima kasih. www.erarumah.com


Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:38 AM

0 komentar :

Post a Comment

RP 499.000
Sebelumnya RP 599.000 , Diskon 17%

#statistik

home & garden blogs real estate Free PageRank Checker My Zimbio Gambar Rumah Minimalis Modern Idaman, Taman Dapur Kamar Interior Pagar Ruang Tamu Kamar Mandi Furniture Blogs lists and reviews

#ARSIP